Ciptakan Sejarah Baru: Tahun Ini ORMABA dengan Wajah Baru

PPMIMESIR.ORG -- Orientasi Mahasiswa Baru atau sering disingkat dengan ORMABA, kali ini dikemas dalam wajah baru atau berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya.

Bila dahulu mahasiswa yang baru datang ke bumi kinanah ini diorientasi oleh Kekeluargaan, Almamater, terkadang juga oleh Broker, dan terakhir oleh Organisasai PPMI dalam suatu waktu yang berbeda dengan jarak waktu yang berbeda pula.

Dahulu ada Kekeluargaan biasa mengadakan ORMABA dengan waktu berhari-hari, bisa sampai 4 hari bahkan lebih. Begitu pula Almamater sama mengadakan bisa sampai 2 hari atau lebih. Ada pula Broker mengadakan ORMABA setelah Kekeluargaan dan Almamater tersebut. Dan terakhir, baru Organisasi PPMI mengadakannya.

Waktu pengadaan ORMABA di tiap-tiap Kekeluargaan dan Almamater pun berbeda-beda dengan tenggat waktu yang berbeda pula. Ada yang lebih dahulu mengadakan dan ada pula yang terakhir mengadakan. Misalnya, minggu ini Kekeluargaan mengadakan seminggu kemudian baru Almamater mengadakannya. Atau bahkan tenggatnya bisa lebih dari seminggu dan terkesan tidak ada kepastian waktu kapannya. Baru di akhir, PPMI mengadakannya setelah Kekeluargaan dan Almamater.

Selain tidak tertib, dikuatirkan bisa berbenturan waktu (bentrok) dalam pengadaan ORMABA ini satu sama lain. PPMI sebagai Organisasi Induk pada tahun ini ingin menertibkan semua itu agar lebih rapih dan serentak. Sehingga, mahasiswa baru pun bisa nyaman dan fokus pada studinya. Jangan sampai waktu mereka terbuang dengan acara ORMABA disana-sini dengan durasi hari yang berbeda dan waktu pengadaannya pun berbeda pula.

Sejatinya, acara ORMABA sangatlah penting untuk menentukan arah mahasiswa baru untuk melangkah ke depannya. Dengan acara ini mereka akan lebih memahami tujuan dan keberadaan mereka di Bumi Para Nabi ini.

Organisasi PPMI 2014 bekerja sama dengan Kekeluargaan dan Almamater megadakan ORMABA tahun ini dalam waktu 5 hari (26 - 30 Oktober 2014) bertemakan, "5 Hari Tentukan Langkah Pasti, Menjadi Duta Negeri, Berpola Pikir Azhari". Berikut acaranya:

Hari pertama tanggal 26 Oktober: Diadakan di Qoah Abdul Halim Mahmud (Kampus Al-Azhar Darasa) pada pukul 09.00 pagi, dengan materi tentang Ke-Al-Azhar-an yang akan diisi langsung oleh Dekan Fakultas Universitas Al-Azhar. Dan tentang Ke-KBRI-an yang akan diisi oleh perwakilan KBRI. Pada hari pertama ini akan dibagikan blangko pengisian fakulats yang akan mahasiswa baru duduki nanti (mazhruf)

Hari Kedua tanggal 27 Oktober: Diadakan di Shalah Kamil (Kampus Al-Azhar Hay Sadis) pada pukul 09.00 pagi, dengan materi tentang Ke-Mesir-an, Keorganisasian, Motivasi Belajar (membahas trik-trik belajar di Universitas Al-Azhar), dan Pembentukan Marhalah secara resmi. Acara ini menyediakan bazar dan hiburan.

Hari Ketiga tanggal 28 Oktober: Diadakan di Kekeluargaan masing masing serentak pada pukul 14.00 siang. (Untuk mahasiswa baru, silahkan kuliah dulu di pagi harinya)

Hari Keempat 29 Oktober: Diadakan di Almamater masing masing serentak pada pukul 14.00 siang. (Untuk mahasiswa baru, silahkan kuliah dulu di pagi harinya)

Hari Kelima tanggal 30 Oktober: Kita akan bentuk Kelompok Armada Jelajah yang akan berkunjung ke situs-situs sejarah:

Rute Pertama : Babul Futuh - Hadiqah Al-Azhar.
Rute Kedua : Makam Sayyidah Aisyah - Hadiqah Al-Azhar.
Rute Ketiga : Masjid Ibnu Thalun - Hadiqah Al-Azhar.

Kita akan mulai menjelajah dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 03.00 sore dan berkumpul di Hadiqah Al-Azhar. Kami sediakan makanan, silahkan kalian melepas penat dan lelah disini. Dan nanti kita akan adakan FunGame, bercanda bersama, bercerita ria dan diakhiri dengan foto bersama dengan 'Marhalah Baru 2014'.

Hubungi kontak yang terpampang di pamflet untuk informasi lebih lanjut. Demikian susunan acara ORMABA tahun ini yang berbeda dari tahun sebelumnya. Semoga Mahasiswa Baru tahun ini bisa menjadi Duta Negeri yang diharapkan; berkompeten dalam ilmunya untuk kebaikan masyarakat, agama, dan negara.



Author: Elbasyasyah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.