Esensi Assalam Bagi Masisir

اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ
Idhul Adha merupakan salah satu momen penting bagi seluruh warga negara Indonesia di negeri perantauan untuk saling bersilaturahim mengobati rindu akan tanah air, tidak terlepas mereka yang ada di Mesir. Ajang silaturahim hari raya kurban selalu dinanti dan disambut dengan antusias yang begitu besar dari seluruh kalangan masyarakat Indonesia di Mesir.

Sebuah keunikan dan menjadi adat dikalangan WNI Mesir dalam menjalin silaturahim antar sesama dalam momen besar Idhul Fitri dan Idhul Adha yaitu mereka akan berkumpul di sebuah masjid yang telah diperizinkan penggunaannya oleh pengurus setempat karena kedekatan dan pengertian mereka akan pentingnya silaturahim bagi Masyarakat Indonesia.

Masjid itu bernama Assalam yang berada di lingkungan kampung melayu Madinat Nasr yang menjadi pusat aktifitas warga asing khususnya Asia. Pengurus masjid membolehkan kepada WNI untuk menggelar sholat ied dan melakukan ramah tamah di area masjid. Sekurang-kurangnya 2500 orang setiap hari raya berkumpul bersama di masjid tersebut.

Pada tahun inipun akan kembali diselenggarakan sholat Idhul Adha di Masjid tersebut meski pada Idhul Fitri yang lalu tidak terselenggarakan. Pada Idhul Adha kali inipun pelaksanaannya akan dimulai pada pukul 08.00 waktu setempat dan dimeriahkan oleh bazar kuliner-kuliner nusantara yang turut mengobati rasa rindu akan keluarga dan tanah air. Untuk itulah Masisir (Mahasiswa Indonesia di Mesir) berjibaku untuk mensukseskan silaturahim ini meskipun dengan segala keterbatasannya.[ap]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.