Himbauan Keamanan: Masisir, Atur Keamanan Rumah Anda.

PPMIMESIR.ORG -- Belum lama terjadi kemalingan rumah Masisir di dekat Masjid Rasul, Madrasah, Nasr City, Senin (10/11) kemarin.

Barang hilang 3 buah laptop, 1 buah ponsel Blackberry, 1 tas berisikan dokumen berharga, ijazah dan data-data lainnya, dan uang 1500 LE.

Musibah ini menimpa rumah berpenghuni 10 orang. Semuanya mahasiswa baru yang kebetulan semua sedang mengadakan rihlah ke Piramida dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa seorang penjaga pun.

Maling membobol rumah dengan mudahnya dan mengambil barang-barang berharga tersebut. Diperkirakan, maling telah mengetahui kepergian mereka secara bergerombolan.

Himbauan kepada Masisisr untuk menjaga keamanan rumahnya masing-masing. Berikut tips menjaga rumah agar terhindar dari kemalingan:

1. Setidaknya harus ada 1 orang piket menjaga rumah bila semuanya berpergian.

Piket ini bisa disesuaikan dengan piket masak. Jadi piket menjaga rumah sekalian piket masak atau bersih-bersih rumah. Bila ada 7 orang dalam satu rumah, maka seorang mendapat jatah piket sehari dalam seminggu. Luangkan 1 hari saja dalam satu minggu untuk keamanan rumah anda daripada keamanan rumah anda jadi taruhannya. Termasuk hari Jumat dan hari besar. Dibolehkan meninggalkan shalat jumat dan menggantikannya dengan shalat zuhur sebab menjaga harta benda. Menjaga harta merupakan sebuah jihad (Hadits)

2. Tidak keluar rumah kecuali mengunci pintu rumah, terlebih jendela kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Teutama pada malam dan pagi hari saat semua penghuni rumah sedang tidur. Bila perlu menyalakan elektronik seperti radio, televisi, atau komputer dengan suara besar agar menandakan bahwa penghuni rumah tidak tidur.  

3. Tawakkal kepada Allah.

Kita harus bertawakkal kepada Allah atas usaha penjagaan ini. Tidak menutup kemungkinan satu orang piket pun bisa kemalingan apabila disergap lebih dari satu maling dengan membawa senjata tajam misalnya dan piket tersebut tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi kejadian ini sangat jarang terjadi. Lebih banyak menimpa rumah yang kosong penghuninya.

Catatan, bila semua penghuni rumah benar-benar ingin keluar dan tidak ada piket di dalamnya, usahakan untuk menyetel alat elektonik tersebut dengan suara besar. Tapi ingat!, jangan keluar rumah secara bersamaan yang menyebabkan maling mengetahui bahwa rumah tersebut ditinggalkan semua penghuninya.

Selalu saja terjadi kebobolan rumah oleh maling. Ironisnya, kebanyakan kasus terjadi atas keteledoran kita. Seperti meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Atau lupa tidak menutup jendela saat semua penghuni rumah terlelap tidur.

Takdir telah digariskan Allah. Kemalingan yang telah menimpa semoga ada hikmahnya dan digantikan Allah dengan sesuatu yang lebih baik. Semoga mahasiswa baru tersebut ikhlas dan tetap bersabar dalam lika-liku mencari ilmu di negeri kinanah ini. Amin.



Author: Elbasyasyah


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.