NET. TV Siapkan Satu Juta Rupiah bagi Masisir lewat Citizen Journalism

Kunjungan perwakilan PPMI Mesir, Fahmi Hasan, bersama PPI Dunia ke kantor pusat NET.TV di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, membawa kabar gembira bagi publik Masisir. Pasalnya, dalam pertemuan yang berlangsung pada Rabu, 14 Januari lalu, NET.TV menawarkan kesempatan yang luas kepada para mahasiswa di luar negeri untuk menyalurkan kreatifas dalam dunia jurnalistik melalui Citizen Journalism.

Citizen Journalism sendiri merupakan salah satu program harian yang ditayangkan oleh NET.TV, berupa reportase dari masyarakat dalam bentuk video dengan durasi maksimal lima menit. Konten dari reportase singkat itu bisa berupa liputan festival, bencana alam, wisata daerah, demonstrasi, tempat-tempat bersejarah dan hal-hal lainnya yang menarik bagi masyarakat.

Adrian Zakhary, Producer Citizen Journalism (CJ) NET. TV, dalam kunjungan itu menjelaskan bahwa terdapat banyak sekali hal unik yang terjadi di berbagai negara yang sebenarnya menarik untuk diceritakan dan dikemas dalam sebuah tayangan yang menarik. Namun karena jarak yang terlalu jauh dan keterbatasan media yang tidak bisa menjangkau detail kehidupan di luar negeri, maka para pelajar Indonesia di luar negeri sangat diharapkan untuk berkecimpung dalam hal ini.

Adrian Zakhary menambahkan, porsi yang diberikan untuk video kiriman dari luar negeri cukup besar dari pada video kiriman dari dalam negeri. Salah satu yang menjadi faktor penting itu karena objek yang dibidik lebih menarik minat masyarakat, karena masyarakat memiliki rasa penasaran lebih dengan kejadian dan hal-hal yang ada di luar negeri.

PPMI Mesir sendiri secara lembaga telah tiga kali mengirimkan reportase ke program Citizen Journalism dan tiga kali itu pula ditayangkan. Hal ini karena pembuatan Citizen Journalism tidak terlalu sulit dan pengirimnya dari luar negeri belum banyak. “Sebenarnya simple kalau ambil gambar, yang penting ada gambar suasana, wide shot, medium, dan close up, kayak kita ambil foto aja, Mas. Per shot atau record 10 seconds, lalu disatuin di-editing, kirim deh!. Gak usah dikasih text juga nanti dari sana, Mas.” Ujar Adrian dalam sebuah percakapannya dengan pihak PPMI.

Untuk itu bagi para Masisir yang ingin mencoba peruntungannya menyalurkan kreativitas dalam dunia jurnalistik melalui Citizen Jurnalism bisa langsung mengirimkan reportasenya langsung ke laman resmi NET.TV di http://netcj.co.id/. Bagi reportase yang ditayangkan, NET.TV telah menyediakan uang senilai satu juta rupiah sebagai apresiasi.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.