Meski Sederhana, Masisir tetap Gelar Iedul Fitri di Masjid Assalam

Pseribu lima ratus mahasiswa dan mahasiswi Indonesia di Mesir melaksanakan shalat Iedul Fitri di masjid As-Salam, Nasr City Kairo. Acara yang digelar murni oleh mahasiswa ini dimulai pukul 08.00 waktu Kairo sampai pukul 10.00 dengan khatib Ustadz. Mahmudi Muhson, Lc. M.A.


Shalat Iedul Fitri di masjid Assalam adalah tradisi yang sudah turun-temurun, meskipun sebagian dari para mahasiswa sudah melaksanakan  shalat bersama warga Mesir. “Intinya adalah silaturahim. Karenanya PPMI, Wihdah dan 17 Kekeluargaan Nusantara mengadakan acara ini, sehingga para mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Mesir bisa berkumpul melepas kangen sesama anak rantau yang jauh dari sanak famili..” kata Agususanto Presiden PPMI Mesir.


Setelah shalat Ied, para mahasiswa bersama-sama menikmati hidangan sederhana yang disediakan oleh panitia. “Iedul Fitri tahun ini kita benar-benar mandiri. Dari panitia menyediakan bahan-bahan makanan, dan semua kekeluargaan yang memasaknya. Iedul Fitri ini dari mahasiswa, oleh  mahasiswa dan untuk mahasiswa…” kata Fahrizal Hasibuan ketua panitia pelaksana Iedul Fitri.

Ditanya tentang bantuan dari KBRI, Ahmad Hujaj mengatakan ada dana tetapi bukan untuk acara Iedul Fitri. “Ada dana dari KBRI, tapi itu untuk acara festival tanggal 19 nanti, bukan untuk acara di As-Salam”.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.