267 Wisudawan/i Siap Berkiprah Di Masyarakat


Wisuda Sarjana PPMI Mesir 2015


Lebih  dari 1.800 orang menghadiri acara wisuda yang diselenggarakan oleh PPMI Mesir pada Selasa pagi, 20 Oktober 2015, yang bertempat di Andalus Hall, Azhar Conference Centre. Jumlah ini  merupakan angka tertinggi sejak awal diadakannya acara Wisuda Sarjana yang diprakarsai oleh PPMI Mesir pada tahun 2008 silam.

Peserta wisuda tidak terbatas pada lulusan Universitas asal Indonesia saja. Namun tercatat sebanyak tujuh negara lain, yaitu: Iraq, Pakistan, India, Bangladesh, Afganistan, Thailand, dan Malaysia pun turut mengikuti acara terbesar dalam tubuh PPMI Mesir.

Sebanyak 267 mahasiswa dikukuhkan sebagai wisudawan dan wisudawati dari berbagai strata. Mulai dari S1 hingga S3, dengan predikat Mumtaz bil Martabati Syaraf sebanyak 1 orang, Mumtaz sebanyak 8 orang, Jayyid Jiddan bil Martabati Syaraf 10 orang, Jayyid Jiddan 40 orang, dan Jayyid 102 orang.

Acara ini dikawal langsung oleh Sekretaris Jendral Komite Agung al-Azhar untuk Dakwah dan Fatwa, Syeikh Muhammad Zaki, yang ditunjuk langsung oleh Imam Akbar al-Azhar, Syeikh Ahmad Muhammad Thoyyib, dikarenakan Imam Akbar berhalangan hadir dan sedang berada di luar negeri.

Terdapat banyak terobosan pada wisuda tahun ini. Di antaranya penambahan item kenang-kenangan kepada para wisudawan dan wisudawati berupa plakat, pemutaran video pesan dan nasihat dari Masayikh al-Azhar, serta usaha mandiri dari panitia dalam pengadaan atribut wisuda, seperti selendang dan boneka wisudawan/i yang dijahit langsung oleh para mahasiswa al-Azhar itu sendiri, dlsb.

“Tahun ini kita coba buat terobosan baru berupa plakat. Karena jika kita perhatikan, setiap wisuda di Indonesia biasanya para wisudawan dan wisudawatinya mendapatkan kenang-kenangan dari universitas berupa plakat. Selain itu kita juga melakukan kunjungan kepada beberapa masyayikh di Masyikhoh untuk meminta pesan dan nasehat yang ditujukan kepada para wisudawan”, Ujar Pangeran Arsyad Ihsanulhaq, Ketua Wisuda Sarjana dan PPMI Award 2015.

Acara yang berlangsung selama tiga setengah jam ini berlangsung khidmat, terlebih kala tim kesenian KPMJB menampilkan kesenian angklung dengan membawa lagu Tanah Airku. Banyak wisudawan/i menitikkan air mata mendengar lirik yang indah dari lagu ini yang dipadukan dengan suara angklung dan video tentang tentang Indonesia yang ditayangkan panitia saat penampilan.

Imdad Azizy, Lc, Sekertaris Jendral PPMI Mesir Demisioner yang menjadi wisudawan pada tahun ini, mengapresiasi para panitia yang telah berhasil membuat acara wisuda ini sukses dengan sedemikian rupa. “Acara ini bagus dan sukses sekali, saya berterimakasih kepada panitia yang telah berjuang bagi kami para wisudawan.” Ujarnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.