Pengajian KItab Al-Hikam

Pengajian KItab Al-Hikam

Rutin diadakan di sekretariat KMNTB


Pengajian kitab al-Hikam Ibnu Athaillah as-Sakandari yang disampaikan oleh Dr. Lukmanul Hakmi Darmawan, MA rutin diadakan di Sekretariat KMNTB-Mesir. Bahasa dalam kitab al-Hikam begitu menggoda dan menegur hati kita yang lalai akan mengingat-Nya, namun disamping itu juga kita harus tetap Husnuzon terhadap takdir sang khalik kepada Makhluk-Nya, mencoba beranggapan bahwa tidak ada kata dosa kecil jika dibandingkan dengan keadilan Allah SWT. dan tidak murung terhadap dosa besar yang sekiranya sudah dilakukan jika dibandingkan dengan keagungan dan kelebihan
(Fadl) yang maha segalanya. Dia-lah Allah yang memberikan kita Taufik di dalam diri ini sehingga ibadah itu akan terasa mudah karena-Nya, bukan karena diri kita semata. Sebagaimana kutipan Hikmah ke-58 dalam kitab ini. 

Ibnu Athaillah berkata: 
لا تفرحك الطاعة لانها برزت منك وافرح بها لانها برزت من الله اليك"Janganlah engkau berbangga dengan ketaatan yang kau buat untuk dirimu dan beranggapan dengan usaha dirimu, namun berbanggalah jika engaku telah mampu beranggapan bahwa amal dan ketaatan itu semata-mata karena taufik dari-Nya yang dititipkan kepadamu". 

Ungkapan yang sangat menarik untuk menjadi motivasi kita malam ini yang sempat disampaikan oleh Duktur tadi adalah :
الامداد علي قدر الاستعداد
"Pemberian itu tergantung bagaimana persiapan kita untuk mendaptkannya".

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.