HOD ; Terobosan Baru Departemen Dakwah Untuk Media Masisir

Doc : Salah satu HOD yang telah disebarluaskan dimedia sosial

Suara PPMI, Kairo- Media masisir kini tengah dihujani dengan kiriman bertajuk “Hikmah of The Day” atau HOD. Bagi para penikmat jejaring sosial, HOD cukup menjadi sorotan utama, melihat ini adalah angin baru di udara gadget masisir.  Terobosan gemilang ini deprakarsai oleh Menko 4 Kabinet Progresif PPMI Mesir, Dept. Dakwah tepatnya. Selain Dept. Dakwah, Menko ini juga menaungi PPMI TV dan Radio PPMI. Dan yang perlu diketahui, Dept.Dakwah adalah Departement baru milik Kabinet PPMI tahun ini, yang belum ada sebelumnya.

HOD adalah cabang “Lentera Hikmah” milik PPMI Mesir berupa poster yang berisikan petikan kalam-kalam ulama al-Azhar. Dan ini merupaka hal baru ditatanan masisir, merlihat Lentera Hikmah PPMI Mesir sebelumnya hanya berisikan video-video yang disebarluaskan di youtube.

Program ini dilatarbelakangi oleh gagasan beberapa rekan tim yang berpendapat bahwa butuhnya pemanfaatan dari banyaknya ilmu yang didapat dari masyayikh yang ada di Mesir ini, al-Azhar khususnya.  Sungguh disayangkan apabila perkataan mereka, nasehat-nasehatnya, dan ilmu miliknya hanya dinikmati sebagian orang, tidak untuk semuanya. Disamping itu, ini semua adalah untuk memperlebar jangkauan publikasi, terkhusus publikasi nilai-nilai keazharan, baik dari masyayikh maupun turats.

 “Maka dibuatlah HOD ini dengan niatan menyebar dan menyampaikan hikmah-hikmah dari mereka dan berharap banyak manfaat untuk semua warga masisir, kami khususnya”, ujar Qois, salah satu anggota Dep. Dakwah PPMI.

Qois menjelaskan bahwa sistem kerja membuat poster berisikan hikmah ini adalah dengan mengumpulkan kalam-kalam ulama Azhar yang pernah disampaikan dalam sebuah majlis, kemudian didesain seapik mungkin. Tidak sampai disitu, hasil desain tersebut nantinya akan ditashih dan diperiksa agar tidak terjadi kesalahan, baik berupa typo atau secara konten pembahasaan.  Jika sudah valid, maka akan disebarluaskan melalui Fanpage “Lentera Hikmah PPMI Mesir” atau di grup-grup whatssapp masisir. kunjungi FP : (https://www.facebook.com/hikmahppmimesir/?fref=ts)

Salah satu tujuan dibuatnya HOD ini, menurut Qisthon, adalah untuk mengisi dunia maya dengan hal-hal yang bermanfaat, karena jika tidak seperti itu maka akan diisi dengan dengan yang kurang bermanfaat. “Karena nantinya, suatu kesalahan yang dipublikasikan secara masif, lambat laun akan menjadi sebuah pembenaran “, ujar salah satu tim visualisasi HOD tersebut.      

Pangeran Arsyad, Ketua PPMI Mesir saat ini, mengatakan bahwa HOD adalah upaya dari PPMI Mesir untuk ikut berkontribusi dalam ranah dakwah baik dalam lingkup masyarakat Indonesia di Mesir maupun seluruh dunia. “Karena kami lihat ada begitu banyak ilmu yang berharga dan kata-kata bermakna yang bisa bermanfaat bagi orang banyak”, tuturnya.


Mahasiswa jurusan Aqidah Filsafat tersebut sangat senang dan bangga dengan kawan-kawan yang menaungi Departemen Dakwah—departemen yang baru di PPMI, karena bisa mengemas program ini dengan sangat baik dan tertata. Ia yakin seluruh kawan-kawannya akan terus konsisten dalam bekerja sehingga manfaatnya bisa dirasakan orang banyak. (Bana Fatahillah)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.